SELAMAT DATANG DI DUNIA BERBAGI ILMU DAN SELAMAT MENIKMATI SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA

Pages

Sabtu, 27 Agustus 2011

Membangun Pemimpin Berkarakter

Posted by Annyeonghaseyo.... 06.43, under | No comments

KARAKTER
Jadilah seteguh batu karang


Apa saja yang seharusnya diketahui oleh setiap orang mengenai karakter??

a.Karakter lebih dari sekedar ucapan.
Siapapun dapat mengatakan bahwa ia memiliki integritas, namun perbuatannyalah yang menunjukkan karakternya. Karakter anda menentukan siapa diri anda. Siapa diri anda sesungguhnya menentukan apa yang anda lihat. Apa yang anda lihat menentukan apa yang anda lakukan. Itulah sebabnya mengapa anda tak pernah dapat memisahkan karakter seorang pemimpin dengan tindakannya. Jika perbuatan seorang pemimpin terus bertentangan dengan niatnya, periksalah karakternya untuk menemukan sebabnya.

b.Bakat adalah karunia, karakter adalah sebuah pilihan.
Ada banyak hal yang tidak bisa kita kendalikan dalam hidup ini. Kita tidak memilih orang tua kita, kita tidak dapat memilih tempat atau lingkungan dimana kita dilahirkan, kita tidak dapat memilih bakat atau IQ kita, namun kita dapat memilih karakter kita. Kita menciptakan karakter setiap kali membuat berbagai pilihan : menghadapi atau menghindari sesuatu yang sulit, membelokkan kebenaran atau teguh mendukungnya, mengambil jalan pintas atau membayar harganya. Anda harus menciptakan karakter sementara menjalani hidup dan membuat pilihan.

c.Karakter menghasilkan hubungan yang bertahan lama.
Kepemimpinan yang sesunguhnya selalu melibatkan orang lain (seperti kata peribahasa kepemimpinan, jika anda berfikir bahwa anda memimpin namun tak ada seorangpun yang mengikuti, anda sebenarnya hanya berjalan-jalan). Para pengikut tidak mempercayai para pemimpin yang mereka tahu karakternya tidak bisa dipercaya dan mereka akan meninggalkan pemimpin itu.

d.Seorang pemimpin tidak dapat melampaui keterbatasan karakternya.
Pernahkah anda melihat orang-orang sangat berbakat yang tiba-tiba terjatuh ketika mencapai tingkat kesuksesan tertentu? Penyebabnya adalah karakter. Steven Berglas, seorang psikologi di Harvard Medical School dan penulis buku the success syndrome, mengatakan bahwa orang-orang yang mencapai ketinggian namun tidak memiliki dasar karakter untuk menahan mereka melalui tekanan pasti akan mengalami bencana. Ia percaya bahwa mereka pasti memperlihatkan salah satu atau lebih gejala berikut ini : kecongkakan, perasaan sendirian yang menyakitkan, suka cari gara-gara, atau perselingkuhan. Masing-masing gejala ini adalah harga yang harus dibayar akibat dari lemahnya karakter.

Untuk memperbaiki karakter anda, lakukan hal-hal berikut ini :

Carilah retakan retakan kecil dalam karakter anda. Luangkan waktu untuk mempelajari bidang-bidang utama dalam hidup anda (pekerjaan, pernikahan, pelayanan, dsb) dan kenali bidang-bidang dimana anda mungkin telah mengambil jalan pintas yaitu mengompromikan, atau mengecewakan orang lain. Tulislah setiap kesempatan yang anda ingat dalam dua bulan terakhir.
Perhatihan polanya. Periksalah jawaban yang baru anda tuliskan. Adakah bidang tertentu yang menjadi kelemahan anda atau apakah ada sebuah masalah yang sama dan terus mengganggu? Pola-pola yag dapat ditelusuri akan membantu anda mengenali masalah-masalah karakter.

Hadapilah kenyataan. Perbaikan karakter diawali ketika anda menghadapi kesalahan, meminta maaf, dan menghadapi semua konsekuensi dari tindakan-tindakan anda. Buatlah daftar orang-orang pada siapa anda harus meminta maaf atas tindakan-tindakan anda, lalu ikutilah dengan permintaan maaf yang tulus.
Bangunlah kembali. Menghadapi perbuatan-perbuatan anda di masa lalu adalah salah satu hal membangun masa depan yang baru adalah hal lainnya lagi. Setelah mengenali bidang-bidang kelemahan anda, buatlah rencana untuk mencegah terulangnya kekeliruan yang sama.

0 komentar:

Posting Komentar