SELAMAT DATANG DI DUNIA BERBAGI ILMU DAN SELAMAT MENIKMATI SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA

Pages

Sabtu, 27 Agustus 2011

Membangun Pemimpin Berkarisma

Posted by Annyeonghaseyo.... 06.45, under | No comments

KARISMA
Kesan pertama dapat menciptakan kesepakatan.


Untuk menjadikan diri anda seseorang yang menarik orang lain. Anda perlu memperlihatkan keempat hal berikut ini :
1.Cintailah kehidupan
Orang menyukai pemimpin yang menikmati hidup mereka. Bayangkanlah orang-orang dengan siapa anda ingin melewatkan waktu. Bagaimanakah anda menggambarkan mereka? Penggerutu? Penuh kepahitan? Depresi? Tentu tidak. Mereka adalah penggembira, bukan pengeluh. Mereka sangat bersemangat dalam hidup. Jika anda ingin menerik orang lain, anda perlu menjadi seperti orang-orang dengan siapa anda senang melewatkan waktu. Penginjil dari abad ke delapan belas, john Wesley, menyadari hal ini dan mengatakan, “ketika anda penuh semangat, orang akan datang dan melihat anda berkobar-kobar.”

2.Lihatlah semua orang seakan-akan mereka memiliki kualitas nilai “sepuluh”
Salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan bagi orang lain, yang juga menarik mereka kepada anda, adalah mengharapkan yang terbaik dari mereka. Saya menyebutnya memberikan nilai sepuluh kepada setiap orang. Ini membantu mereka lebih menghargai diri sendiri, sekaligus juga membantu anda. Menurut Jacques wiesel, “dari survey terhadap seratus jutawan yang meraih sendiri kesuksesannya, hanya ada satu kesamaan. Mereka hanya melihat yang baik dari diri orang lain.”
Berjamin Disraeli memahami serta menerapkan konsep ini dan itulah salah satu rahasia karismanya. Ia sekali waktu mengatakan, “hal terbaik yang bisa anda lakukan bagi orang lain bukanlah membagikan kekayaan anda, melainkan mengungkapkan juga betapa kaya sesungguhnya mereka itu.” Jika anda menghargai, member dorongan, dan membantu orang lain mencapai potensinya, mereka akan mengasihi anda.

3.Berikan pengharapan.
Jenderal prancis, napoleon Bonaparte, melihat para peimpin sebagai “pemberi harapan.” Seperti semua pemimpin besar lainnya, ia tahu bahwa pengharapan adalah harta yang paling berharga. Jika anda dapat menjadi orang yang memberikannya pada orang lain, mereka akan tertarik kepada anda dan bersyukur selamanya.

4.Berbagilah.
Orang senang kepada para pemimpin yang suka berbagi tentang perjalanan hidupnya. Sementara anda memimpin, berbagilah. Bagikanlah pengetahuan, sumber-sumber daya, bahkan tujuan-tujuan khusus. Itu adalah salah satu hal yang sangat sering saya lakukan. Karisma selalu memikirkan orang lain. Para pemimpin yang memperlihatkan karisma lebih memikirkan serta memperhatikan orang lain ketimbang diri sendiri.

Menurut anda,bagaimana karisma anda? Apakah orang lain dengan sendirinya tertarik kepada ada? Apakah anda disenangi? Jika tidak, mungkin ada salah satu diantara beberapaa hal berikut ini yang menghalangi karisma anda :
Kecongkakan. Tak seorang pun ingin mengikuti pemimpin yang menganggap dirinya lebih baik daripada orang lainnya.
Rasa tidak aman. Jika anda tidak senang dengan keberadaan anda sendiri, demikian pula orang lain.
Mudah berubah-ubah. Jika orang tidak tahu apa yang bisa diharapkan dari anda, mereka berhenti mengharapkan apapun.
Perfeksionisme. Orang menghargai tuntutan akan kesempurnaan, namun takkan tahan terhadap harapan yang tidak realistis.
Sinisme. Orang tidak senang dengan seseorang yang selalu melihat hal negative dari apapun juga.
Jika anda bisa menghindari hal-hal tersebut diatas, anda pasti bisa mengembagkan karisma.


Untuk mengembangkan karisma anda, lakukan hal-hal berikut ini :
a.Ubah focus anda. Perhatikanlah hubungan anda dengan orang lain selama beberapa hari mendatang. Sementara anda berbicara kepada orang lain, temukan seberapa jauh percakapan tersebut mengenai diri anda. Capailah keseimbangan dengan mengubah focus anda dari diri sendiri kepada orang lain.

b.Mainkan permainan kesan pertama. Cobalah eksperimen ini. Ketika berjumpa dengan seseorang untuk pertama kalinya, cobalah sebisa mungkin untuk memberikan kesan yang baik. Tanyakan namanya. Fokuskan perhatian pada minatnya. Tunjukkan sikap positif. Yang terpenting perlakukan orang itu sebagai pribadi yang bernilai “sepuluh”. Jika dapat melakukannya selama satu hari, anda dapat melakukannya setiap hari. Ini akan meningkatkan karisma anda dalam waktu satu malam.

c.Berbagilah. Jadikan berbagi orang lain sebagai tujuan jagka panjang anda. Pikirkan cara agar anda dapat memberikan nilai tambah kepada lima orang dalam hidup anda tahun ini. Bisa jadi mereka adalah anggota keluarga, rekan kerja, karyawan, atau teman. Berikanlah sumber-sumber daya untuk membantu mereka bertumbuh baik secara pribadi atau professional, dan bagikan perjalanan hidup anda kepada mereka.

0 komentar:

Posting Komentar