SELAMAT DATANG DI DUNIA BERBAGI ILMU DAN SELAMAT MENIKMATI SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA

Pages

Kamis, 10 November 2011

Cara Melakukan Pelayanan yang Baik

Posted by Annyeonghaseyo.... 05.06, under | No comments

PELAYANAN
Agar maju, dahulukanlah orang lain

Apa artinya memiliki kualiatas kepelayanan? Seorang pemimpin yang melayani:

1.Mendahulukan orang lain ketimbang agendanya sendiri
Tanda pertama dari kepelayanan adalah kemampuan untuk mendahulukan orang lain ketimbang diri sendiri dan kepentingan pribadi. Kepelayanan adalah lebih dari sekedar rela menunda agenda sendiri. Kepelayanan artinya sengaja mencari tahu akan kebutuhan orang lain, sengaja menawarkan diri untuk membantu, dan dapat menerima bahwa keinginan-keinginan mereka itu penting.

2.Memiliki keberanian untuk melayani.
Inti dari kepelayanan adalah kemapanan. Seseorang yang menganggap dirinya terlalu penting untuk melayani pada dasarnya tidak mapan. Bagaimana kita memperlakukan orang lain sesungguhnya mencerminkan bagaimana pandangan kita terhadap diri sendiri.

3.Menginisiatifkan pelayanan bagi orang lain.
Boleh dikata semua orang akan melayani jika terpaksa, ada pula yang akan melayani dalam suatu krisis. Namun anda benar-benar dapat melihat hati seseorang yang menginisiatifkan pelayanan bagi orang lain. Pemimpin-pemimpin besar melihat kebutuhan, mengambil kesempatan itu, dan melayani tanpa mengharapkan balasannya.

4.Tidak terlalu mementingkan posisinya.
Para pemimpin yang melayani tidak memfokuskan dirinya pada pangkat atau posisi. Ketika colonel Schwarzkopf melangkah ke lapangan ranjau itu, ia sama sekali tidak memikirkan pangkat. Ia adalah seorang yang berusaha menolong orang lain. Kalaupun ada, posisinya sebagai pemimpin justru memberinya rasa tanggungjawab yang lebih besar untuk melayani.

5.Melayani atas dasar kasih
Kepelayanan tidaklah bermotifkan manipulasi atau promosi diri. Kepelayanan didorong oleh kasih. Akhirnya, sejauh mana pengaruh anda adalah tergantung pada seberapa dalam anda mementingkan orang lain. Itulah sebabnya mengapa sungguh penting bagi seorang pemimpin untuk rela melayani.

Untuk meningkatkan kepelayanan anda, lakukan hal-hal berikut ini:
Lakukanlah hal-hal kecil. Kapankah terakhir kalinya anda melakukan hal-hal kecil bagi orang lain? Mulailah dengan yang paling dekat dengan anda: pasangan anda, anak-anak anda, orang tua anda. Carilah cara-cara untuk melakukan hal-hal kecil yang memperlihatkan bahwa anda peduli hari ini juga.

Belajarlah untuk berjalan perlahan-lahan melalui orang banyak.
Salah satu pelajaran terbesar yang saya dapatkan ketika menjadi pemimpin yang masih muda datang dari ayah saya. Saya menyebutkan berjalan perlahan-lahan melalui orang banyak. Ketika lain kali anda menghadiri suatu acara dengan sejumlah klien, rekan sekerja, atau karyawan, bertujuanlah untuk menjalin hubungan dengan sesama dengan cara berjalan berkeliling serta berbicara kepada orang-orang. Fokuskanlah diri anda pada setiap orang yang anda jumpai. Rencanakanlah untuk melakukan sesuatu yang baik bagi setengah lusin orang lain.

Bertindaklah. Jika sikap kepelayanan tidak ada dalam hidup anda, cara terbaik untuk mengubahnya adalah dengan mulai melayani. Mulailah melayani dengan tubuh anda, maka akhirnya hati anda pun nantinya akan menyusul. Layanilah orang lain selama enam bulan di gereja anda, di perwakilan komunitas, atau di sebuah organisasi sukarela. Jika sikap anda masih juga belum baik setelah itu, ulangilah. Teruslah melakukannya hingga hati anda berubah.

0 komentar:

Posting Komentar