SELAMAT DATANG DI DUNIA BERBAGI ILMU DAN SELAMAT MENIKMATI SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA

Pages

Kamis, 10 November 2011

Tips Untuk Bisa Disiplin Pribadi

Posted by Annyeonghaseyo.... 05.07, under | No comments

DISIPLIN PRIBADI
Orang pertama yang anda pimpin adalah diri sendiri.

Jika anda ingin menjadi pemimpin yang berdisiplin tinggi, ikutilah rencana tindakan berikut ini:
1.Kembangkan dan tindaklanjuti prioritas anda.
Siapa pun yang menerjakan apa yang harus dikerjakannya tetapi hanya jika ia bersemangat atau merasa nyaman, takkan sukses. Orang pun takkan menghormati dan mengikutinya. Seseorang pernah berkata, “ untuk melaksanakan tugas-tugas penting, ada dua hal yang penting, yakni perencanaan dan waktu yang cukup.” Sebagai seorang pemimpin, waktu anda sudah tinggal sedikit. Sekarang anda tinggal membuat rencana. Jika anda dapat menentukan yang benar-benar menjadi prioritas dan memebebaskan diri dari yang lainnya, anda jauh lebih mudah untuk menindaklanjuti hal yang penting. Itulah inti dari disiplin diri.

2.Jadilah gaya hidup berdisiplin sebagai sasaran anda.
Memepelajari orang yang sangat berdisiplin tinggi, seperti Jerry Rice, seharusnya membuat anda sadar bahwa agar sukses, disiplin diri tak dapat dilakukan satu kali saja. Disiplin diri harus menjadi gaya hidup.
Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah mengembangkan system serta rutinitas, terutama di berbagai bidang yang penting bagi pertumbuhan serta kesuksesan jangka panjang, umpamanya, saya terus menulis dan mengarsip bahan-bahan yang digunakan untuk masa datang.

3.Tantanglah alasan-alasan anda.
Untuk mengembangkan gaya hidup berdisiplin, salah satu tugas pertama anda adalah menantang dan menghapuskan kecenderungan untuk mencari-cari alas an. Jika anda memiliki beberapa alasan mengapa anda tidak dapat berdisiplin diri, sadarilah bahwa semuanya itu hanyalah alasan, yang semuanya perlu ditantang jika anda ingin meningkat sebagai pemimpin.

4.Tundahlah imbalannya hingga tugasnya selesai.
Penulis Mike Dalaney dengan bijaksana mengatakan, “ bisnis atau industry apa pun yang memberikan upah yyang sama kepada para karyawan yang berprestasi baik atau tidak, cepat atau lambat akan memiliki lebih banyak karyawan yang berprestasi tidak baik.” Jika kurang disiplin diri, anda mungkin memiliki kebiasaan memakan hidangan pencuci mulut sebeum memakan sayur-mayurnya.

5.Tetaplah berfokus pada hasil-hasilnya.
Setiap kali anda berkonsentrasi pada kesulitan pekerjaan anda ketimbang hasil-hasil atau imbalannya nanti, anda aka berkecil hati. Jika terpuruk terlalu lama, anda akan lebih mengasihani diri sendiri dan tidak berdisiplin diri. Lain kali, ketika menghadapi tugas yang harus diselesaikan, anda hanya mempertimbangkannya saja dan tidak membayar harganya. Ubahlah focus anda. Hitunglah keuntungan anda dengan cara melakukan hal yang benar, lalu laksanakanlah tugas anda.

Untuk meningkatkan disiplin diri, lakukanlah hal-hal berikut ini:
Pilah-pilahlah prioritas anda. Renungkanlah dua atau tiga bidang yang paling penting bagi anda. Tuliskanlah bidang-bidang itu, beserta disiplin yang harus anda kembangkan untuk terus bertumbuh dan menjadi lebih baik di bidang-bidang itu. Kembangkanlah rencana untuk menjadikan disiplin tersebut sebagai bagian harian atau mingguan dari hidup anda.
Sebutkanlah alasan-alasannya. Luangkalah waktu untuk menuliskan keuntungan-keuntungan dari menerapkan disiplin yang baru saja anda tuliskan di atas lalu tempelkan di suatu tempat yang setiap hari anda lihat. Di hari-hari ketika anda malas, bacalah kembali daftar ini.
Buanglah segala macam alasan. Tuliskanlah setiap alasan mengapa anda tak dapat menindaklanjuti disiplin tersebut dan bacalah. Anda harus mengakui bahwa itu hanyalah alasan yang di cari-cari. Sekalipun ada alasan yang tampaknya sah, carilah solusi untuk mengatasinya. Jangan cari-cari alasan untuk menyerah. Ingat, hanya dengan berdisiplinlah anda mendapatkan kemampuan untuk meraih impian-impian anda.

0 komentar:

Posting Komentar