SELAMAT DATANG DI DUNIA BERBAGI ILMU DAN SELAMAT MENIKMATI SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA

Pages

Minggu, 11 September 2011

Berlatih Untuk Lebih Fokus Akan Sesuatu

Posted by Annyeonghaseyo.... 04.55, under | No comments

FOKUS
Semakin tajam focus anda, semakin tajam pula anda

Pertanyaan yang lebih penting adalah: bagaimanakah seharusnya anda memfokuskan waktu serta energy anda? Gunakanlah panduan berikut ini untuk membantu anda:

Arahkanlah tujuh puluh persen focus pada kekuatan
Para pemimpin efektif yang mencapai potensinya menghabiskan lebih banyak waktunya untuk memfokuskan diri pada apa yang dapat mereka kerjakan dengan baik daripada berusaha memperbaiki keahlian mereka di bidang yang tidak bisa mereka lakukan dengan baik. Ahli kepempinan, peter drucker, mengatakan, “misteri sesungguhnya bukanlah mengapa orang berprestasi buruk, melainkan mengapa mereka berprestasi baik hanya sesekali saja. Satu-satunya hal yang universal sifatnya adalah tidak adanya kompetensi. Kekuatan ini selalu spesifik sifatnya! Tak pernah seorang pun berkomentar bahwa pemain biola yang hebat itu, yaitu Jascha Heifetz, mungkin tidak bisa memainkan terompet dengan baik.”agar sukses, berfokuslah pada kekuatan anda dan kembangkan itu. Disanalah seharusnya anda mencurahkan waktu, energy, serta sumber-sumber daya anda.

Arahkan dua puluh lima persen focus pada hal-hal baru
Pertumbuhan sama dengan perubahan. Jika ingin menjadi lebih baik, anda terus harus berubah dan memperbaiki diri. Itu artinya memasuki bidang-bidag baru. Gwynn memberikan teladan dalam hal ini beberapa tahun yang lalu setelah bercakap-cakap dengan ted Williams. Pemain professional yang sudah berpengalaman itu menyarankan, bahwa belajar memukul dalam pitch akan menjadikan Gwynn lebih baik. Gwynn, yang sesungguhnya lebih suka memukul di luar pitch, mencobanya, dan rata-rata prestasinya meningkat drastic. Jika anda curahkan waktu dan energy anda pada hal-hal yang berkaitan dengan bidang-bidang yang menjadi kekuatan anda, anda akan tumbuh menjadi seorang pemimpin. Jangan lupa bahwa dalam kepemimpinan, jika anda berhenti bertumbuh, habislah riwayat anda.

Arahkan lima persen focus pada kelemahan
Tak seorang pun dapat sepenuhnya menghindari kelemahan. Kuncinya dalah meminimalkan sebisa mungkin dan seorang pemimpin bisa melakukannya dengan cara mendelegasikan.

Bagaimanakah focus anda? Apakah selama ini anda hebat dalam hal-hal kecil? Apakah selama ini anda sibuk mengurusi kelemahan-kelemahan anda sehingga tidak sempat membangun kekuatan-kekuatan anda? Apakah orang-orang yang paling kecil potensinya memonopoli waktu anda? Jika demikian, anda mungkin kehilangan focus.
Untuk kembali ke jalur yang benar, lakukanlah hal-hal berikut:
Perbaikilah diri anda. Anda adalah asset atau penghambat terbesar bagi diri sendiri
Perbaikilah prioritas-prioritas anda. Anda harus berjuang dalam menentukan prioritas.
Bekerjalah di bidang yang menjadi kekuatan anda. Anda dapat mencapai potensi anda.
Bekerjalah dengan orang-orang yang sebaya dengan anda. Anda tidak mungkin efektif jika sendirian.

Untuk meningkatkan focus anda, lakukan hal-hal berikut ini:
Berihlah kepada kekuatan. Buatlah daftar dari tiga atau empat hal yang bisa anda lakukan paling baik. Berapa persenkah dari waktu anda yang digunakan untuk mengerjakannya? Berapa persenkah dari sumber-sumber daya anda dicurahkan untuk bidang-bidang yang menjadi kekuatan anda ini? Buatlah rencana untuk mengadakan perubahan-perubahan, yang memungkinkan anda mencurahkan tujuh puluh persen dari waktu anda. Jika tidak bisa, mungkin tiba saatnya untuk mempertimbangkan pergantian pekerjaan atau karier.
Delegasikanlah kelemahan-kelemahan anda. Kenali tiga atau empat kegiatan yang diperlukan untuk pekerjaan anda, namun tidak bisa anda lakukan dengan baik. Tentukan bagaimana anda dapat mendelegasikannya kepada orang lain. Apakah itu berarti anda harus merekrut staf? Dapatkah anda bekerjasama dengan seorang rekan untuk berbagi tanggung jawab? Kembangkan rencana.
Ciptakanlah keunggulan. Setelah mempelajari prioritas-prioritas anda, renungkanlah masalah konsentrasi. Bagaimanakah caranya agar anda dapat meningkatkan bidang yang menjadi kekuatan utama anda? Perelatan baru apa yang anda butuhkan? Pikirkanlah kembali cara anda mengerjakan segalanya dan bersedialah berkorban. Waktu dan uang yang digunakan untuk membawa anda ke tingkatan berikutnya adalah investasi terbaik yang dapat anda lakukan.

0 komentar:

Posting Komentar