SELAMAT DATANG DI DUNIA BERBAGI ILMU DAN SELAMAT MENIKMATI SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA

Pages

Minggu, 11 September 2011

Membangun Jiwa Pemimpin yang Berani

Posted by Annyeonghaseyo.... 04.51, under | No comments

KEBERANIAN
Satu orang dengan keberanian sama dengan mayoritas

Ketika menghadapi berbagai keputusan sulit yang menantang anda, sadarilah kebenaran-kebenaran berikut tentang keberanian:

1.Keberanian dimulai dengan pergumulan batin.
Setiap ujian yang anda hadapi sebagai pemimpin dimulai dari dalam diri anda. Demikian juga dengan ujian keberanian. Seperti yag dikatakan oleh ahli psikoterapi, Sheldon kopp, ”semua pengumulan besar terjadi di dalam diri seseorang.” Keberanian bukanlah berarti tidak ada rasa takut. Keberanian adalah melakukan apa yang anda takuti, memiliki kuasa untuk merelakan apa yang sudah anda kenal, dan maju terus ke wilayah baru. Itulah yang terjadi pada Rickenbacker dan juga dapat terjadi pada diri anda.

2.Keberania artinya membuat segalanya berjalan dengan benar, bukan hanya sekedar menghaluskannya.
Pemimpin hak sipil, martin luther king jr,. menyatakan, “ukuran tertinggi dari seseorang ukanlah ia berdiri di masa-masa nyaman serta menyenangkan, melainkan dimana ia berdiri di masa-masapenuh tantangan serta kontroversi.” Para pemimpin besar memiliki keterampilan yang baik dalam membina hubungan dengan sesame dan membuat orang lain berkompromi serta bekerja sama. Namun mereka juga mengambil sikap jika dibutuhkan. Keberanian menyangkut prinsip, bukan persepsi. Jika anda tidak memiliki memampuan untuk melihat kapan harus memegang teguh keyakinan anda dan melaksanakannya, anda takkan pernah menjadi pemimpin yang efektif. Dedikasi anda terhadap potensi harus lebih tetap kuat daripada keinginan anda untuk merendahkan orang lain.

3.Keberanian ddalam diri seorang pemimpin membangkitkan omitmen para pengikutnya.
“keberanian itu menular,” kata pewarta Injil Billy Graham, “jika seorang pemberani memegang tinggi prinsipnya, maka yang lainpun akan turut berani.” Keberanian yang diperlihatkan oleh siapa pun akan menjadikan orang lainnya berani. Namun keberanian yang diperlihatkan oleh seorang pemimpin akan memotivasi dan membuat orang lain ingin menjadi pengikutnya. Teman saya, Jim mellado, menjelaskan,” kepemimpinan adalah ungkapan keberanian yang mendorong orang lain untuk melakukan hal yang benar.”

4.Kehidupan anda berkembang menurut keberanian anda.
Rasa takut akan membatasi seorang pemimpin. Sejarawan romawi, Tacitus, menulis, “keinginan untuk menyelamatkan diri akan menghambat setiap prestasii besar dan mulia.” Namun keberanian membawa efek yang sebaliknya. Keberanian akan membuka pintu dan itulah salah satu keuntungannya. Mungkin itulah sebabnya mengapa teolog inggris John Henry Newman, mengatakan, “jangan takut hidup anda akan berakhir, takutlah hidup anda tidak dapat dimulai.” Keberanian tidak saja memberikan awal yang baik, tetapi juga member anda masa depan lebih baik.

Untuk meningkatkan keberanian anda, lakukan hal-hal berikut ini :
Hadapilah kenyataan. Keluarlahlah dan lakukanlah sesuatu hanya untuk menumbuhkan keberanian anda
Bicaralah kepada orang itu. Kebanyakan orang menghindari konfrontasi dengan seseorang dalam hidupnya: karyawannya, sanak saudaranya, atau rekan kerjanya. Jika anda juga demikian, bicaralah dengan orang itu minggu ini juga. Jangan membiarkannya atau melecehkannya. Katakanlah yang sebenarnya.
Ambilah langkah raksasa. Mungkin selama ini anda takut berganti karier. Jika dalam hati anda tahu bahwa seharusnya anda berganti pekerjaan atau memulai bisnis baru, sekaranglah waktu untuk memulainya. Luangkanlah waktu untuk benar-benar mempelajarinya. Bicarakanlah dengan pasangan anda, pembimbing anda, dan satu dua orang teman yang dapat anda percayai, jika itu memang benar, lakukanlah.

0 komentar:

Posting Komentar