SELAMAT DATANG DI DUNIA BERBAGI ILMU DAN SELAMAT MENIKMATI SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA

Pages

Minggu, 11 September 2011

Membangun Jiwa Pemimpin yang Peka

Posted by Annyeonghaseyo.... 04.52, under | No comments

KEPEKAAN
Selesaikan masalahnya

Kepekaan adalah kualitas yang tak tergantikan bagi pemimpin manapun yang ingin memaksimalkan keefektifannya. Kepekaan akan membantu mengerjakan beberapa hal penting:

1.Menemukan akar persoalan.
Para pemimpin organisasi besar harus mengatasi kekacauan serta kerumitan yang luar biasa setiap harinya. Mereka tak pernah mampu mengumpulkan informasi yag cukup untuk mendapat gambaran lengkap dari segalanya. Akibatnya, mereka harus mengandalkan kepekaan. Periset Henry Mintzberg dari McGill University menyatakan, “keefektifan organisasi bukanlah terletak pada konsep sempit yang disebut rasionalitas. Efektivitas itu terletak pada gbungan antara logika berpikir dan intuisi yang kuat.” Kepekaan menungkinkan seorang pemimpin melihat sebagian gambarannya, melengkapinya secara intuitif, dan menemukan inti persoalannya.

2.Meningkatkan kemampuan untuk mengatasi persoalan.
Jika anda dapat melihat akar persoalan, anda dapat mengatasinya. Semakin dekat seorang pemimpin dengan hal-hal yang bisa ia kerjakan dengan baik, semakin kuat intuisi dan kemampuannya untuk melihat akar persoalan. Jika ingin memaksimalkan potensi kepekaan anda, bekerjalah di bidang yang menjadi kekuatan anda.

3.Mengevaluasi pilihan-pilihan yang ada demi dampak maksimal.
Konsultan manajemen, Robert heller, memberikan nasihatnya, “jangan pernah mengabaikan firasat, tapi jangan juga percaya bahwa firasat itu saja cukup.” Kepekaan bukanlah hanya mengandalkan intuisi, atau hanya pada intelektual. Kepekaan memungkinkan anda menggunakan firasat sekaligus nalar anda untuk menemukan pilihan terbaik bagi orang-orang serta organisasi anda.

4.Melipatgandakan kesempatan anda.
Orang yang tidak mempunyai kepekaan jarang berada di tempat dan saat yang tepat. Walaupun para pemimpin besar sering tampak beruntung bagi sementara pengamat, saya percaya para pemimpin itu menciptakan “keberuntungan” mereka sendiri berkat kepekaan dan kesediaan untuk menggunakan pengalaman serta naluri mereka.

Untuk meningkatkan kepekaan anda, lakukan hal-hal berikut ini:
Analisalah semua kesuksesan di masa lalu. Pelajarilah berbagai persoalan yang berhasil anda atasi di masa lalu. Apa akar persoalannya? Apa yang membuat anda berhasil mengatasinya? Jika anda dapat menangkap inti persoalannya dengan beberapa kata, anda mungkin dapat belajar menggunakannya untuk berbagai persoalan mendatang.
Pelajarilah pola pikir orang. Pemimpin manakah yang anda kagumi? Pilihlah beberapa pemimpin yang profesinya atau karunianya serupa dengan apa yang anda miliki dan bacalah biografi mereka. Dengan mempelajari cara berfikir para pemimpin yang mempunyai kepekaan, andapun dapat lebih memiliki kepekaan.
Dengarkanlah firasat anda. Ingat-ingatlah ketika intuisi anda “berbicara” dan ternyata benar. Kesamaan apa yang ada dalam pengalaman-pengalaman tersebut? Carilah pola yang mungkin memberi anda wawasan tentang kemampuan intuitif anda.

0 komentar:

Posting Komentar