SELAMAT DATANG DI DUNIA BERBAGI ILMU DAN SELAMAT MENIKMATI SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA

Pages

Minggu, 11 September 2011

Membangun Jiwa Pemimpin yang Memiliki Inisiatif Tinggi

Posted by Annyeonghaseyo.... 04.57, under | No comments

INISIATIF
Anda tidak akan bergerak tanpanya

Kualitas apakah yang dimiliki pemimpin, yang memungkinkan mereka membuat segalanya menjadi kenyataan? Setidaknya ada empat hal, yakni:

1.Mereka tahu apa yang mereka inginkan.
Pemain piano yang senang humor, Oscar Levant, pernah bergurau, “ketika sudah mengambil keputusan, saya malah tidak tahu apa keputusannya.” Sayangnya, demikianlah sesungguhnya keadaan banyak orang. Namun tak seorangpun yang bisa efektif jika sulit mengambil keputusan. Seperti yang dikatakan oleh Napoleon Hill,”titik awal dari setiap prestasi adalah keinginan yang besar.” Jika ingin menjadi seorang pemimpin yang efektif, anda harus mengetahui apa yang anda inginkan. Itulah satu-satunya cara bagi anda untuk mengenali peluang yang akan datang.

2.Mereka mendorong diri sendiri untuk bertindak.
Ada pepatah lama mengatakan “anda bisa jika mau.” Para inisiator tidak menunggu motivasi dari orang lain. Mereka tahu bahwa mereka bertanggung jawab untuk mendorong diri sendiri keluar dari wilayah nyaman. Mereka membiasakan diri melakukannya. Itulah sebabnya mengapa seseorang seperti presiden Theodore Roosevelt, salah seorang pemimpin besar yang berinisiatif di abad ke 20, dengan mengatakan, “tak ada yang brilian atau yang menonjol dalam rekor saya, kecuali mungkin satu hal. Saya melakukan hal-hal yang saya percaya harus dilakukan…dan setelah mengambil keputusan untuk melakukan sesuatu, saya pun bertindak.”

3.Mereka lebih berani mengambil resiko.
Jika para pemimpin mengetahui apa yang mereka inginkan dan dapat mendorong diri sendiri untuk bertindak, mereka masih memiliki satu hambatan: kesediaan untuk mengambil resiko. Orang-orang proaktif selalu mengambil resiko. Namun salah satu alas an mengapa para pemimpin yang baik bersedia mengambil resiko adalah karena mereka sadar bahwa tidak mengambil inisiatif juga pada harganya. Presiden John F.Kennedy menyatakan, “setiap tindakan memiliki resiko dan harga yang harus di bayar, namun jauh lebih kecil daripada risiko dan harga jangka panjang jika kita tidak mengambil tindakan apa-apa, walaupun itu terasa nyaman.”

4.Mereka membuat lebih banyak kekeliruan.
Kabar baik mengenai para inisiator adalah mereka menbuat segalanya menjadi kenyataan. Kabar buruknya adalah mereka membuat banyak kekeliruan. Pendiri IBM, Thomas J. Watson menyadari hal ini ketika berkomentar, “cara untuk mereih kesuksesan adalah dengan melipatgandakan tingkat kegagalan anda.” Para pemimpin yang berinisiatif tidak merasa terganggu sekali pun mengalami banyak kegagalan. Semakin besar potensi mereka, semakin besar pula kemungkinan mereka mengalami kegagalan. Senator Robert Kennedy merangkumnya, “hanya mereka yang berani mengalami kegagalan besarlah yang dapat mencapai kesuksesan besar.” Jika ingin mencapai hal-hal besar sebagai pemimpin, anda harus bersedia mengambil inisiatif dan mengambil resiko.

Untuk meningkatkan inisiatif anda, lakukan hal-hal berikut ini:
Ubah cara berfikir anda. Jika anda kurang berinisiatif, sadarilah bahwa persoalannya ada di dalam diri anda, bukan orang lain. Tentukanlah mengapa anda ragu-ragu mengambil tindakan. Apakah anda tahut pada resiko? Apakah anda berkecil hati karena banyaknya kegagalan di masa lalu? Tidakkah anda melihat potensi peluang yang ada? Carilah sumber keraguan anda dan atasilah itu. Anda takkan dapat maju jika tidak mulai dari dalam diri sendiri.
Jangan menunggu hingga peluang mengetuk pintu anda. Peluang tidaklah datang mengetuk pintu. Anda harus mencarinya. Inventariskanlah aset, talenta, dan sumber daya anda. Dengan demikian anda akan mengetahui potensi ada. Nah, lewatkanlah setiap hari selama satu minngu untuk mencari peluang. Dimanakah anda melihat adanaya kebutuhan? Siapakah yang sedang mencari keterampilan yang anda miliki? Kelompok mana yang benar-benar membutuhkan apa yang dapat anda tawarkan? Peluang ada di mana-mana.
Ambillah langkah berikutnya. Melihat peluang adalah satu hal. Melakukan sesuatu karena peluang itu adalah hal lain lagi. Seperti yang pernah disindir oleh seseorang, semua orang memiliki gagasan besar jika sedang mandi, namun hanya sedikit yang keluar, mengeringkan tubuhnya, dan melakukan sesuatu untuk menindaklanjutinya. Pilihlah peluang terbaik yang anda lihat, dan tindaklanjutilah semampu anda. Jangan berhenti hingga anda telah melakukan segala hal untuk membuatnya menjadi kenyataan.

0 komentar:

Posting Komentar