SELAMAT DATANG DI DUNIA BERBAGI ILMU DAN SELAMAT MENIKMATI SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA

Pages

Minggu, 11 September 2011

Berlatih Untuk Menjadi Komunikator yang Baik

Posted by Annyeonghaseyo.... 04.48, under | No comments

KOMUNIKASI
Tanpanya anda akan berjalan sendirian


Anda dapat menjadi komunikator yang lebih efektif jika mengikuti empat kebenaran mendasar berikut ini :
1.Sederhanakanlah pesan anda.
Komunikasi bukanah sekedar mengenai apa yang anda ucapkan, melainkan juga cara anda mengucapkannya. Bertentangan dengan apa yang diajarkan oleh beberapa orang pendidik, kunci komunikasi yang efektif adalah kesederhanaan. Tidak perluh berusaha membuat orang lain terkesan dengan kata-kata sulit atau kalimat-kalimat yang kompleks. Jika ingin membina hubungan dengan sesame, utamakanlah kesederhanaan.

2.Pandanglah lawan bicara anda.
Komunikator ulang memfokuskan diri pada lawan bicaranya. Mereka tahu bahwa tidak mungkin berkomunikasi dengan efektif pada hadirin tanpa mengetahui apa pun menyangkut mereka.
Sementara anda berkomunikasi dengan orang, entah secara individu atau secara kelompok, ajukan ketiga pertanyaan ini kepada diri sendiri :
Siapakah pendengar saya?
Apakah pertanyaan-pertanyaan mereka?
Apakah yang harus dicapai dan berapa banyak waktu yang saya miliki?
Jika anda ingin menjadi komunikaror yang lebih baik, berorientasilah pada pendengar. Orang percaya kepada komunikator ulung karena komunikator ulung percaya kepada orang.

3.Tunjukkan kebenarannya.
Kredibilitas mendahului komunikasi yang hebat. Ada dua cara untuk menyampaikan kredibilitas kepada pendengar anda. Pertama, ercayalah pada apa yang anda ucapkan. Orang bisa menjadi komunukator ulung jika memiliki semangat dan keyakinan yang tinggi. Jenderal lapangan Ferdinand foch berkata, “senjata yang paling ampuh dibumi adalah jiwa manusia yang berkobar-kobar.” Kedua, lakukanlah apa yang anda katakana. Tidak ada kredibilitas yang lebih besar daripada keyakinan atas hal yang dikerjakan.

4.Paculah tindakan.
sementara berkomunikasi, janganlah pernah lupa bahwa sasaran dari komunikasi adalah tindakan. Jika ada melemparkan sejumlah informasi kepada orang lain, berilah mereka sesuatu untuk dirasakan, sesuatu untuk diingat, dan sesuatu untuk dilakukan. Jika anda berhasil melakukannya, kemampuan anda untuk memimpin orang lain akan meningkat.

Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anda, lakukan hal-hal berikut ini :
Sampaikan pesan anda sejelas mungkin. Periksalah surat, memo, atau tulisan lain anda baru-baru ini. Apakah kalimat-kalimat yang anda gunakan singkat dan langsung, atau baertele-tele? Apakah pembaca anda menagkap makna kata-kata yang anda pilih, atau apakah mereka harus membuka-buka kamus? Apakah anda menggunakan kata-kata sedikit mungkin? Bagi seorang komunikator, kesederhanaan dan kejelasan adalah dua hal menjadi sahabat terbaiknya. Susunlah komunikasi anda berikutnya sambil berpegang pada dua hal tersebut.
Fokuskan kembali perhatian anda. Satu minggukedepan, perhatikanlah focus anda ketika berkomunikasi. Apakah anda berfokus pada diri sendiri, bahan pembicaraan, atau pendengar anda? Jika focus anda bukan pada orang, anda harus mengubahnya. Renungkanlah kebutuhan mereka, pertanyaan mereka dan keinginan mereka. Perlakukanlah ornag lain apa adanya, maka nada akan meenjadi komunikator yang lebih baik.
Hidupilah pesan anda. Apakah perbedaan antara apa yang anda komunikasikan dengan apa yang anda lakukan? Bicaralah kepada orang-orang yang anda percayai dan tanyakanlah apakah anda melakukan apa yang anda ucapkan. Pasangan, pembimbing, atau teman dekat. Anda mungkin dapat melihat hal-hal yang tidak anda lihat. Terimalah komentar mereka tanpa membela diri, lalu bertekadlah untuk membuat perubahan-perubahan dalam hidup anda menjadi lebih konsisten.

0 komentar:

Posting Komentar