SELAMAT DATANG DI DUNIA BERBAGI ILMU DAN SELAMAT MENIKMATI SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA

Pages

Senin, 31 Oktober 2011

Bagaimana Seorang Pemimpin Meningkatkan Kemampuannya?

Posted by Annyeonghaseyo.... 05.26, under | No comments

KEMAMPUAN
Kompetensi takkan pernah dapat menggantikan ketidakmampuan.

Para pemimpin yang tidak mapan memiliki beberapa kesamaan:
  1. Mereka tidak memberikan kemampuan kepada orang lain.
Ada pepatah lama yang mengatakan, “anda tidak mungkin memberikan apa yang tidak anda miliki.” Sama seperti orang yang tidak terampil tidak dapat memberikan keterampilannya kepada orang lain, orang yang tidak mapan takkan dapat membuat orang lain merasa mapan. Untuk menjadi pemimpin yang menjadi panutan, ia perlu membuat para pengikutnya merasa positif terhadap diri sendiri.

  1. Mereka lebih banyak mengambil daripada memberi.
Orang yang tidak mapan selalu mencari-cari pengakuan serta kasih. Karenanya, focus mereka adalah Menemukan kemapanan, bukan menanamkannya pada diri orang lain. Mereka lebih banyak mengambil daripada memberi dan orang seperti ini takkan dapat menjadi pemimpin yang baik.

  1. Mereka terus membatasi orang-orang yang terbaik.
Seorang pemimpin yang tidak mapan tidak akan dapat merayakan kemenangan orang-orangnya dengan tulus. Mungkin ia bahkan akan menghalangi orang-orangnya dari kemenangan. Atau mungkin ia memonopoli pujian atas prestasi timnya. Semakin baik orang-orangnya, semakin merasa terancam mereka jadinya dan semakin keras pula mereka akan berupaya untuk membatasi kesuksesan serta pujian terhadap orang-orangnya.

  1. Mereka terus membatasi organisasinya.
Jika para pengikut diremehkan dan tidak dihargai, mereka akan menjadi kecil hati dan akhirnya tidak lagi berprestasi secara maksimal. Jika itu terjadi, seluruh organisasinya akan menderita.
Sebaliknya, para pemimpin yang mapan bisa memercayai orang lain karena mereka percaya kepada diri mereka sendiri. Mereka tidak sombong, tahu kekuatan dan kelemahan mereka, serta menghargai diri sendiri, jika orang-orang berprestasi baik, mereka tidak akan merasa terancam. Mereka akan membari jalan agar bisa mengumpulkan orang-orang terbaiknya lalu membangunnya agar mereka dapat berprestasi secara maksimal. Jika tim dari seorang pemimpin itu sukses, pemimpin itu merasakan suka cita yang besar. Ia memandangnya sebagai pujian tertinggi yang dapat ia peroleh atas kemampuannya memimpin.

Untuk meningkatkan kemampuan anda, lakukan hal-hal berikut ini:
  • Kenalilah diri sendiri. Jika anda orang yang tidak bisa dengan sendirinya sadar diri, luangkanlah waktu untuk mempelajari diri anda sendiri. Mintalah beberapa orang yang mengenal anda dengan baik untuk menyebutkan tiga talenta anda yang terbesar dan tiga kelemahan anda yang terbesar. Jangan membelah diri ketika mendengar jawaban mereka, kumpukanlah informasi dan renungkanlah itu.
  • Pujilah suatu prestasi. Mungkin anda tidak percaya bahwa anda bisa sukses jika orang lain mendapatkan pujian atas prestasi tim anda. Cobalah, jika nada membantu orang lain dan mengakui kontribusi mereka, anda akan membantu karier mereka, mengangkat moral mereka, dan meningkatkan organisasinya. Anda akan tampak sebagai pemimpin yang efekktif.
  • Carilah bantuan. Jika anda tidak dapat mengatasi perasaan ketidakmampuan anda sendiri, carilah bantuan professional. Tuntaskanlah akar persoalannya dengan bantuan penasehat yang baik, bukan hanya kepentingan anda sendiri melainkan juga demi kepentingan orang-orang anda.

0 komentar:

Posting Komentar