SELAMAT DATANG DI DUNIA BERBAGI ILMU DAN SELAMAT MENIKMATI SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA

Pages

Senin, 31 Oktober 2011

Cara Seorang Pemimpin Memecahkan Masalah

Posted by Annyeonghaseyo.... 05.22, under | No comments

MEMECAHKAN MASALAH
Jangan biarkan berbagai persoalan anda menjadi masalah.

Para pemimpin yang memiliki kemampuan dalam memecahkan persoalan memperlihatkan lima kualitas:
  1. Mereka mengantisipasikan berbagai persoalan
Karena persoalan-persoalan itu tak terhindarkan, para pemimpin yang baik mengantisipasikannya. Siapa pun yang berharap untuk menjalani hidup yang mudah akan terus mengalami kesulitan.
  1. Mereka menerima kebenaran.
Ada beberapa cara orang menghadapi persoalan : menolaknya, menerima dan menanggungnya, atau menerima dan berusaha menjadikan segalanya lebih baik. Para pemimpin harus selalu memilih respon yang terakhir.
Penyiar Paul Harvey mengatakan, “di masa-masa seperti ini, sebaiknya kita ingat bahwa selalu ada saja masa-masa seperti ini”. Tidak ada pemimpin yang dapat berdiam di daratan sambil mengarahkan orang-orangnya melalui perairan yang ganas. Para pemimpin yang efektif akan menghadapi kenyataan dari situasi yang ada.
  1. Mereka melihat gambaran besarnya.
Para pemimpin harus selalu melihat gambaran besarnya. Mereka tidak boleh dikuasai oleh emosi atau membiarkan diri begitu terpuruk dengan detail sehingga melupakan hal yang penting. Penulis Alfred armand montapert menulis, “mayoritas orang melihat hambatannya, hanya sedikit yang melihat tujuannya, namun sejarah mencatat kesuksesan yang diraih oleh orang-orang yang melihat tujuannya sementara tak satupun orang yang mengingat mereka yang hanya melihat hambatannya.
  1. Mereka menanganinya satu persatu.
Richard sloma menyampaikan nasehatnya, “jangan pernah mencoba memecahkan seluruh persoalannya sekaligus-mintalah mereka antri satu persatu.” Pemimpin yang paling sering mengalami masalah adalah mereka yang kewalahan akibat besarnya atau banyaknya persoalan meraka, lalu mencoba untuk mengatasi semuanya sekaligus. Jika anda dihadapkan pada banyak persoalan, pastikan bahwa anda benar-benar menuntaskan yang sedang anda atasi sebelum pintah ke persoalan berikutnya.
  1. Mereka pantang menyerah.
Pemimpin-pemimpin yang efektif memahami prinsip puncak ke puncak. Mereka mengambil keputusan-keputusan besar ketika sedang mengalami ayunan positif dalam kepemimpinannya, bukan ketika mengalami masa sulit. Seperti yang dilakukan oleh pemain NFL, Bob Christian. ”saya tidak pernah memutuskan apakah sekarang tiba saatnya untuk pension ketika saya sedang berlatih.” Ia tahu bahwa ia tidak boleh menyerah ketika berada dalam keterpurukan.

Untuk meningkatkan kemampuan anda dalam memecahkan masalah, lakukanlah hal-hal berikut ini :
  • Carilah masalah.
Jika selama ini anda menghindari masalah, mulailah mencarinya sekarang. Anda hanya akan menjadi lebih baik jika mendapatkan pengalaman dalam mengatasinya. Carilah berbagai macam situasi yang perlu dibereskan, pertimbangkanlah berbagai solusi yang mungkin, lalu bawalah kepada seorang pemimpin yang sudah berpengalaman dalam memecahkan masalah. Anda dapat mempelajari caranya berfikir ketika menghadapi kesulitan melalui keputusan-keputusannya.
  • Kembangkanlah metode
Ada banyak orang yang sulit memecahkan persoalan karena tidak tahu caranya. Cobalah proses TEACH berikut ini :
TIME. Luangkan waktu untuk menemukan inti persoalannya.
EXPOSURE. cari tahu apa yang orang lain lakukan.
ASSISTANCE. mintalah tim anda mempelajarinya dari berbagai sudut.
CREATIVITY. Mintalah masukan mengenai berbagai macam solusi yang mungkin.
HIT IT. Laksanakan solusi terbaik.
  • Kelilingilah diri anda dengan orang-orang yang pandai memecahkan masalah.
Jika anda bukan seorang pemecah masalah yang baik, ajaklah pemecah masalah ke dalam tim anda. Mereka pasti akan melengkapi kelemahan-kelemahan anda dan anda juga akan belajar dari mereka.

0 komentar:

Posting Komentar