SELAMAT DATANG DI DUNIA BERBAGI ILMU DAN SELAMAT MENIKMATI SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA

Pages

Senin, 31 Oktober 2011

Bagaimana Sih, Bertanggung Jawab Itu?

Posted by Annyeonghaseyo.... 05.24, under | No comments

TANGGUNG JAWAB
Jika tidak mau membawa bolanya, anda tidak akan dapat memimpin timnya.
Pelajarilah karakteristik dari orang-orang yang merangkul tanggung jawab:
  1. Mereka melaksanakan tugasnya.
Dalam sebuah studi terhadap jutawan yang sukses atau usaha sendiri, Dr. Thomas Stanley dari Uneversity of Georgia menemukan bahwa mereka semua memiliki satu kesamaan: mereka bekerja keras. Seorang jutawan ditanya, mengapa ia bekerja dua belas hingga empat belas jam sehari. Ia menjawab, “saya membutuhkan waktu lima belas tahun, bekerja untuk sebuah perusahaan besar, hanya untuk menyadari di dalam masyarakat kita anda bekerja delapan jam sehari untuk bertahan hidup, dan jika anda hanya bekerja 8 jam sehari, anda hanya bertahan hidup…..segalanya yang di atas delapan jam merupakan investasi untuk masa depan anda.” Tak seorang pun dapat melakukan yang minimum dan mencapai potensi yang maximum
Bagaimana orang memelihara sikap menuntaskan tugas? Mereka membayangkan dirinya bekerja untuk diri sendiri. Jika ingin mencapai lebih banyak dan membangun kredibilitas diantara para pengikut anda, berpikirlah seperti ini. Anda bisa mencapai hasil yang lebih jauh.

  1. Mereka bersediah melakukan lebih.
Orang-orang yang bertanggung jawab tidak pernah memprotes. “itu bukan tugas saya” mereka bersedia melakukan apapun yang diperlukan untuk menuntaskan pekerjaan yang dibutuhkan oleh organisasinya, jika ingin sukses, dahulukanlah organisasi ketimbang agenda anda sendiri.

  1. Mereka didorong oleh hasrat untuk mencapai kesempurnaan.
Kesempurnaan adalah motivator yang hebat. Orang yang menginginkan kesempurnaan, dan bekerja keras untuk mencapainya, hamper selalu bertanggung jawab. Ketika mengerahkan segala kemampuannya, mereka hidup damai. Capailah tujuan anda dengan kualitas terbaiknya dan tanggung jawab akan timbul dengan sendirinya.

  1. Mereka tetap memberikan hasil, apa pun kondisinya.
Kualitas tertinggi dari orang yang bertanggung jawab adalah kemampuannya untuk menyelesaikan. Dalam buku AN OPEN ROAD, Richard L. evans menulis, “sungguh berharga menemukan seseorang yang bersedia memikul tanggung jawab, yang bersedia menuntaskan hingga detail-detail terakhirnya dan mengetahui bahwa jika diberi tugas, ia akan menuntaskan dengan efektif dan penuh kesadaran. Jika ingin memimpin, anda harus member hasil.”

Untuk meningkatkan rasa bertanggung jawab, lakukan hal-hal berikut ini :
  • Bertahanlah. Terkadang ketidakmampuan untuk menyelesaikan masalah dalam keadaan-keadaan yang sulit disebabkan oleh kurangnya keuletan. Ketika anda berada dalam situasi dimana anda akan melewati batas waktu penyelesaian, kehilangan suatu transaksi, atau gagal meluncurkan suatu program baru, berhentilah dan renungkanlah bagaimana ada bisa meraih kesuksesan. Berpikirlah luar kotak.
  • Akuilah apa yang belum cukup baik. Jika anda sulit mencapai kesempurnaan, mungkin standar anda terlalu rendah. Periksalah kehidupan pribad anda, di bidang-bidang mana saja anda kurang sempurna. Lalu adakalah berbagai perubahan untuk menetapkan standar yang lebih tinggi. Itu akan membantu mengembalikan standar kesempurnaan anda.
  • Carilah peralatan yang lebih baik. Jika standar anda sudah tinggi, sikap ada suda baik, dan anda bekerja keras secara konsisten namun masih belum mencapai seperti yang anda inginkan, perlengkapilah diri anda dengan lebih baik. Tingkatkanlah keterampilan anda dengan mengambil kursus, membaca buku, dan mendengarkan kaset. Carilah seorang pembimbing, lakukanlah segala hal yang diperlukan untuk menjadi lebih baik pada pekerjaan anda.

0 komentar:

Posting Komentar